LOGIN ADMIN P4TK BBL / OPERATOR
PPPPTK BBL MEDAN

Drs. Rasoki Lubis, M. Pd
NIP. 196604101991031004

PENERAPAN SPIP
Share This Articel on :

PEDOMAN

EVALUASI PENYELENGGARAAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP)

PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKANBIDANG BANGUNAN DAN LISTRIK

Donwload: Pedoman 

A.  Pendahuluan

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang sistem Pengendalian Intern Pemerintah merupakan salah satu instrumen penting dalam upaya mewujudkan pemerintahan dengan tata kelola yang baik (good government) dan pemerintahan yang bersih (clean government). Oleh karenanya di PPPPTK Bidang Bangunan dan Listrik perlu dilaksanakan penilaian dan/atau pengujian terhadap efektivitas penyelenggaraan SPIP oleh Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP). Implementasi lima unsur SPI diharapkan memberikan keyakinan yang memadai bahwa penyelenggaraan kegiatan pada suatuinstansi pemerintah dapat mencapai tujuan secara efisien dan efektif,melaporkan pengelolaan keuangan secara andal, mengamankan aset pemerintah, dan mendorong ketaatan pada peraturan perundang-undangan.

APIP memiliki peran penting dalam melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan SPIP yang diselenggarakan oleh Instansi atau organisasi. Aturan terkait evaluasi penyelenggaraan SPIP diatur dalam Peraturan Kepala BPKP Nomor: 20 Tahun 2013 tentang Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan SPIP. Dalam ketentuan tersebut hanya diatur secara umum terkait tahap-tahap evaluasi dan metode pengumpulan data yang digunakan dan belum mengatur bagaimana menilai tingkat kecukupan efektivitas penyelenggara SPIP.

Dengan demikian perlu untuk menyusunpedoman evaluasi SPIP yang akan menjadi pedoman bagi APIP untukmenilai kecukupan efektivitas penyelenggaraan SPIP di lingkunganPemerintah PPPPTK Bidang Bangunan dan Listrik.

B. Maksud dan Tujuan

Maksud Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan SPIP ini adalah memberipanduan dan langkah-langkah bagi APIP / Satgas SPIP PPPPTK Bidang Bangunan dan ListrikMedan dalam melakukan evaluasi tingkat kecukupan efektifitaspenyelenggaraan SPIP.

  Tujuan Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan SPIP yaitu:

menilai tingkat kecukupan efektivitas pada tingkat rancangan maupun operasional penyelenggaraan SPIP;

memberikan keyakinan kepada Kepala PPPPTK Bidang Bangunan dan Listrik Medan dalam pemenuhantanggung jawab dalam memberikan pernyataan mengenai efektivitaspengendalian intern dan memberikan keyakinan kepada stakeholderlain bahwa penyelenggaraan SPIP telah cukup memadai dalam mencapaitujuan yang diharapkan, melalui kegiatan yang efektif dan efisien,pengamanan asset negara, dan ketaatan terhadap peraturanperundang-undangan;

memberikan rekomendasi kepada Kepala PPPPTK Bidang Bangunan dan Listrik Medan menyangkutperbaikan penyelenggaraan SPIP di masa yang akan datang.

C. Ruang Lingkup

Pedoman Evaluasi SPIP ini digunakan untuk melakukan evaluasi secaraumum unsur-unsur SPIP di PPPPTK Bidang Bangunan dan ListrikMedan.

D. Mekanisme Pelaksanaan

  1. Mekanisme Evaluasi SPIP dibagi menjadi dua tahap :

Tahap Pemahaman terhadap SPIP sesuai dengan ketentuan PP 60 Tahun 2008 tentang SPIP.

Implementasi penyelenggaraan SPIP terdiri dari lima sub unsur dan sub-sub unsur yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

·  Lingkungan Pengendalian

·  Penilaian Risiko

·  Kegiatan Pengendalian

·  Informasi dan Komunikasi

·  Pemantauan Pengendalian Intern

2. Tahap Evaluasi atas SPIP

Langkah-langkah untuk melakukan evaluasi atas SPIP adalah sebagaiberikut:

a. Merancang Kuesioner yang meliputi lima unsur dan sub-sub unsurnyauntuk menilai sejauh mana PPPPTK Bidang Bangunan dan ListrikMedantelah menyelenggarakan SPIP dalammelaksanakan tugas pokok dan fungsinya;

b. Mengevaluasi isian kuesioner dari PPPPTK Bidang Bangunan dan ListrikMedan dengan melakukanwawancara dan klarifikasi serta memperoleh data dan informasipendukung berkaitan dengan penerapan SPIP baik berupa narasi,SOP, dan ketentuan-ketentuan lain yang disusun oleh PPPPTK Bidang Bangunan dan ListrikMedan;

c. Evaluasi dan pendalaman dilakukan dengan cara desk antaraEvaluator dengan Satgas PPPPTK Bidang Bangunan dan ListrikMedan untuk memperoleh keyakinan yangmemadai atas jawaban-jawaban pada kuesioner;

d. Lakukan penilaian atas keadaan Unsur-unsur pengendalian internyang dibangun PPPPTK Bidang Bangunan dan ListrikMedan dalam klasifikasi : Belum Memadai, KurangMemadai, Cukup Memadai, Sudah Memadai.

Keterangan

Skor

Klasifikasi

Belum ada Dokumen/Bukti

Pendukung

1

Belum Memadai

Sudah ada Dokumen/Bukti

Pendukung belum sesuai standar

2

Kurang Memadai

Sudah ada Dokumen/Bukti

Pendukung sesuai standar, sudah

sosialisasikan namun belum

diimpiementasikan

3

Cukup Memadai

Dokumen/ Bukti Pendukung sudah

ada sesuai standar, sudah

disosialisasikan dan sudah

diimplementasikan

4

Sudah Memadai

3. Tahap Pelaporan

Penyusunan Hasil Evaluasi SPIP ke dalam Laporan Hasil EvaluasiPenyelenggaraan SPIP;

Laporan Hasil Evaluasi berisi kesimpulan, saran dan rekomendasiterhadap unsur-unsur SPIP yang masih lemah atau belum memadaiagar dapat menjadi perbaikan ke depannya;

Pendistribusian Laporan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan SPIP

E.   Penutup

Pedoman Evaluasi SPIP ini akan terus disempurnakan sesuaiperkembangan dan peraturan perundang-undangan. Kami sangatmengharapkan masukan dan informasi untuk kesempurnaannya petunjukini.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang website P4TK MEDAN?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup Bagus
Kurang Bagus

HASIL POLLING
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 230911 kali