LOGIN ADMIN P4TK BBL / OPERATOR
PPPPTK BBL MEDAN

Drs. Rasoki Lubis, M. Pd
NIP. 196604101991031004

Pengendalian Gratifikasi
Share This Articel on :

PEDOMAN UNIT PENGENDALIAN GRATIFIKASI (UPG)

PPPPTK BBL MEDAN

Download:  Formulir  Lemari Gratifikasi 1   ,Skema Pelaporan Gratifikasi  ,Pedoman UPG  ,Laporan Bulanan Hasil Monev UPG  , KLIKLaporan Januari 20   , Laporan Februari 20  , Laporan Maret 20  , Laporan April 20  , Laporan Mei 20  , Laporan Juni 20  ), KLIK Pengesian Formulir Pelaporan Graftifikasi ,( https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScDlv-AmmjEG6QEmeNrzfJlALSqrwjKzMChuHnILAX86VX3Rw/viewform)

A. SUSUNAN KEANGGOTAAN UPG:

1.  PENGARAH;   melaksanakan fungsi pengarahan kepada UPG untuk melaksanakan proses pengendalian gratifikasi yang efektif, efisien dan akuntabel.

PEMBINA;  melaksanakan fungsi pembinaan kepada pada pegawai di lingkungan PPPPTK BBL Medan dalam rangka pengendalian gratifikasi melalui keteladanan, penyampaian pesan integritas dan nilai etika secara berkala dan penerapan pengawasan atasan langsung dalam rangka upaya mencegah dan menolak penerimaan sehubungan dengan gratifikasi serta membangun komitmen untuk melaporkan gratifikasi.

1.  KETUA dan

ANGGOTA;  melaksanakan fungsi:

1.  Penerimaan laporan gratifikasi, pemilahan kategori gratifikasi, dan memfasilitasi penerusan laporan gratifikasi ke KPK.

2.  Penyampaian surat keputusan Pimpinan KPK tentang penetapan status gratifikasi kepada penerima dan/atau pelapor serta menyimpan bukti penyetoran uang dan penyerahan barang gratifikasi ke KPK apabila diputuskan oleh KPK menjadi milik negara.

3.  Diseminasi/sosialisasi kebijakaan terkait dengan pengendalian gratifikasi kepada pegawai di lingkungan PPPPTK BBL, mitra kerja, pihak ketiga, para pemangku kepentingan dan masyarakat pada umumnya.

4.  Penyampaian laporan kinerja pengelolaan pengendalian gratifikasi kepada Kepala PPPPTK BBL Medan

5.  Evaluasi dan efektifitas dari kebijakan terkait pengendalian gratifikasi di lingkungan PPPPTK BBL

6.  Koordinasi dengan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK)

B. DEFINISI GRATIFIKASI

Arti gratifikasi dapat diperoleh dari Penjelasan Pasal 12B Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001, yaitu pemberian dalam arti luas, yakni meliputi pemberian uang, barang, rabat (discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya. Gratifikasi tersebut baik yang diterima di dalam negeri maupun di luar negeri dan yang dilakukan dengan menggunakan sarana elektronik atau tanpa sarana elektronik.

Definisi di atas menunjukkan bahwa gratifikasi sebenarnya bermakna pemberian yang bersifat netral. Suatu pemberian menjadi gratifikasi yang dianggap suap jika terkait dengan jabatan dan bertentangan dengan kewajiban atau tugas penerima.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang website P4TK MEDAN?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup Bagus
Kurang Bagus

HASIL POLLING
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 230935 kali